Senin, 12 Desember 2011

INSTALL-ing kegiatan agama islam tidak hanya dilakukan di perguruan tinggi yang berlabelkan agama


Pada tanggal 3-4 Desember Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember mengadakan kegiatan yang bernama INSTAL-ing (Intensive Islamic Teaching and Learning Live). Dengan tema Melejitkan potensi diri dengan Akhla Qur,ani.  Acara ini adalah acara kegiatan agama islam.
Menurut saya acara ini membuat nama ITS yang biasanya orang pandang adalah suatu perguruan tinggi negeri yang tidak menyisipi suatu agama, ternyata ITS tidak kalah dengan perguruan tinggi yang berbau-bau nama islam.
Acara serupa ini bukan hanya dilakukan di SI tetapi di jurusan-jurusan lain yang sedang melakukan kegiatan serupa. karena para peserta bermalam d masjid manarul ilmi dengan berbagai jurusan lainnya. Acara ini termasuk serangkaian acara mentoring lainnya, dari yang kemarin untuk ikhwan lomba futsal dan untuk akhwat lomba masak dan mading.
Rangkaian acara install disusun serapi mungkin oleh panitia, dimulai dari hari sabtu jam 7 acara registrasi sampai jam delapan dilanjutkan dengan pembukaan-pemubukaan. yang kemudian jam setengah Sembilan diisi dengan materi mengenal islam yang kemudian dilanjutkan pemateri kedua dengan judul menjadi muslim yang prestatif. Acara mulai berhenti dengan istirahat, makan, dan sholat. Setengah dua dilanjutkan lagi dengan materi akhlak dan pergaulan, materi ini disajikan khusus oleh ustad yang kegiatannya berdakwah di siaran radio FM Surabaya, dilanjutkannya dengan sholat ashar dan istirahat kemudian dilanjutkan dengan materi time management. Materi time management adalah materi terakhir hari sabtu bagi akhwat dan bagi ikhwan dilanjutkan di masjid manarul ilmi, masjid pusat ITS. Untuk ikhwan bermalam di manarul dengan jurusan-jurusan lainnya yang sedang mengikuti kegiatan yang sama.
Untuk ikhwan acara dilanjutkan di manarul dengan acara bersama-sama, bukan hanya mahasiswa 2011 SI. Acara dimulai setelah maghrib dengan sholat berjamaah yanh dilanjutkannya dengan Isya, kemudian makan malam. selanjutnya materi terakhir bersama untuk hari sabtu  yang berjudul islam didadaku. Setelah materi terakhir tersebut dilanjutkan tidur malam dengan bangun jam 3 untuk sholat malam. yang kemudian dilanjutkan sholat shubuh, acara outbond.
Jam 8 pagi para peserta ikhwan balik ke sistem informasi dan para peserta akhwat juga datang untuk hari kedua. Di hari kedua acara dari jam 8-9 sangatlah mengejutkan karena diadakannya tutorial AlPro, kegiatan yang mungkin orang anggap akan menyeleneh, tetapi sepertinya kakak panitianya ingin memfasilitasi dari peserta karena banyak yang mengeluh tidak bias dalam mata kuliah ini.
Acara terakhir dilanjutkan dengan materi dan penutup. acara untuk hari kedua telah selesai dengan bacaan suatu do'a. semoga acara agama seperti ini mendapatkan pahala dan dapat memberikan manfaat.

4 komentar: