Senin, 19 Desember 2011

3 Idiots (Resensi Film)



Directed by Rajkumar Hirani
Produced by Vidhu Vinod Chopra
Screenplay by Abhijat Joshi, Rajkumar Hirani, Vidhu Vinod Chopra Story by Abhijat Joshi,
Narrated by R. Madhavan
Starring  :      
 Aamir Khan as Ranchhoddas "Rancho" Shamaldas Chanchad / Phunsukh Wangdu
Kareena Kapoor as Pia Sahastrabuddhe
R. Madhavan as Farhan Qureshi
Sharman Joshi as Raju Rastogi
Boman Irani as Viru Sahastrabuddhe (Virus)
Omi Vaidya as Chatur Ramalingam (Silencer)
Rahul Kumar as Manmohan "MM" aka Millimeter
Mona Singh as Mona Sahastrabuddhe
Sanjay Lafont as Suhas
Music by Shantanu Moitra
Cinematography C. K. Muraleedharan
Editing by Ranjeet Bahadur
Rajkumar Hirani
Distributed by Vinod Chopra Productions
Release date(s) 25 December 2009 (2009-12-25)
Running time 164 Minutes Country India Language Hindi

Menceritakan sebuah kisah persahabatan 3 orang mahasisiwa teknik mesin di India yang memulai jenjang kuliahnya di Universitas nomor 1 di negerinya. Dikisahkan 3 orang ini bernama Rancho, Farhan, dan Raju. Mereka adalah teman satu kamar di asramanya semenjak hari pertama menjejakkan kaki di Universitas tersebut. Farhan dan Raju adalah mahasiswa biasa yang nilainya pun pas-pasan. Sedangkan dikisahkan seorang Rancho adalah seorang mahasiswa yang jenius dan selalu mengalikasikan ilmu yang telah dia dapat sebelum maupun saat dia pelajari sewaktu kuliahnya.
Mereka menjalani hidup sebagai mahasiswa dan mamilki ikatan persahabatan yang kuat, hingga akhirnya dalam sebuah perjalannya mereka bertemu dengan Pia. Pia adalah seorang mahasiswi kedokteran yang selidik punya selidik adalah anak dari rector Universitas ketiga sahabat ini. Sejak awal, sang rektor, yang mendapat julukan “ Virus “ dari mahasiswanya merupakan dosen yang sangat kaku, kejam, intolerir, namun pintar. Dalam sebuah kesemptan, Rancho mengkritik sistem pengajaran yang dilakukan di dalam kampusnya. Mr. Virus tidak terima dengan kritikan Rancho, dan sejak saat itu. Sang rektor yang bergelar “Virus” menjadi pera antagonis dalam film ini.
Rancho selalu berkata pada 2 sahabatnya, Farhan dan Raju untuk selalu menjadi diri sendiri, tidak atas dasar paksaan dari orang lain. Karena kebahagia datang saat kita menikmati setiap langkah yang kita ambil, kemudian kesuksesan akam menjadi ekses dari langkah kita tersebut. Dalam mengkritik sistem yang kaku di tempat dia kuliah, Rancho, Farhan dan Raju mengalami berbagai asam manisnya kehidupan menjadi mahasiswa. Tawa dan tangis selalu mereka lewati bersama, hingga akhirnya diceritakan mereka pun lulus kuliah dengan Rancho sebagai mahasiswa terbaik di kampus tersebut. Farhan akhirnya menjadi seorang fotografer professional, meninggalkan dunia teknik, Raju menjadi salah satu direktur perusahaan asing di India dan satu lagi kawannya bernama Chatur yang sebelumnya tidak disebutkan (dia adalah sainagm Rancho untuk mencapai peringkat mahasiswa terbaik di ICE ) menjadi seorang pengusaha sukses yang punya mobil Lamborghini.
Namun, selepas mereka lulus kuliah, Farhan, Raju dan Pia tidak pernah mendengar kabar mengenai Rancho. Diceritakan di masa depan, akhirnya Farhan, raju dan Pia dan ditemani Chatur mencari kabar Rancho hingga melintasi dataran India. Mereka akhirnya tiba di sebuah rumah mewah, seperti istina, dam mereka menemukan Rancho. Tapi, saat bertemu, itu bukan Rancho yang mereka kenal saat mereka kuliah dulu. Rancho berubah.
Akhirnya mereka bertemu dengan Rancho disebuah pulau yang dihuni banyak anak-anak kecil, Rancho mengaku bahwa dirinya hanya sebatas guru biasa. Ternyata Rancho yang menjadi temannya adalah Punsuk wangdu, orang yang dicari oleh banyak orang karena ciptaan tekniknya yang bgitu unik dan banyak. Dan Chatur merasa malu karena Rancho yang dihinanya adalah rekan kerjanya.
Film 3 Idiots adalah film Bollywood, dengan plot cerita yang dominan komedi, yang lucu tetapi cerdas. Sang penulis cerita juga menampilkan hasil dari ideology pemikirannya lewat percakapan dan kejadian yang sangat menyentuh. Film ini pun sukses menyampaikan kritik terhadap cara mendidik yang terlalu textbook sehingga tidak merangsang perkembangan individu, hingga menyentil masalah kurang meratanya pendidikan terutama di India.
 Film karya sutradara Rajkumar Hirani ini boleh dikatakan penuh dengan pesan moral, terutama di dunia pendidikan. Karena secara sosial, kultural, ekonomi, filosofi pendidikan menghadapi problem yang sama dan nyata seperti digambarkan di film.
Secara keseluruhan, daya tarik film ini adalah penampilan Aamir Khan. Kendati sudah berusia 44 tahun,tapi ia dipercaya untuk memerankan karakter mahasiswa. Bukan itu saja, karakternya sangat berbobot untuk seorang mahasiswa pemberontak tapi pintar serta memutuskan menjadi seorang guru bagi anak-anak di Taare Zameen Par.
Rajkumar sutradara film 3 idiots ini dengan apik menata alur cerita, sehingga sengaja membawa penonton untuk melompati waktu baik maju dan mundur selama 10 tahun.
 . Mulai dari keceriaan, persahabatan, kesedihan hingga membuat air mata terjatuh serta bumbu cinta. Dan tentunya ada kekhasan dari film india yakni nyanyian dan tarian. Kurang lebih selama tiga jam, penonton diajak enggan untuk beranjak dari tempat duduk. Hal yang peling mengena terdapat kalimat yang tak mungkin dilupakan oleh penonton film 3 idiots ini kata-kata “ Aal Izz well” yang berartikan semuanya akan baik-baik saja.

2 komentar:

  1. Filmnya emg sgt menarik utk d tonton..
    g bosen utk trus menontonny

    BalasHapus