Senin, 14 November 2011

Ada pasar di kampus ITS jurusan sistem informasi



Pada jam 09.00-11.00 WIB, tanggal 28 oktober 2011 tepatnya di plasa jurusan System Informasi,  Institute Teknologi Sepuluh November telah diadakannya survey pasar dalam rangka memenuhi mata kuliah system informasi bisnis 1. Survei pasar ini menyurvei kopi yang telah diracik beberapa kelompok semester satu menjadi minuman seenak mungkin,

Survei ini melalui tiga tahapan yang pertama tahap rasa, semua mahasiswa semester satu yang berjumlah 188orang mencicipi 32kopi karya kelompok termasuk karyanya sendiri. Perkelas delapan kelompok, setiap kelompoknya menciptakan inovasi kopi sehingga  setiap rasa inovasi kopi mempunyai rasa yang berbeda-beda, ada rasa jahe, kayu manis, kacang, dan lain sebagainya, sampai-sampai ada rasa kopi buah dan ada kopi yang disajikan dalam minuman dingin, semuanya berbeda dengan inovasi yang berbeda-beda pula. Tahapan kedua yakni mencocokkan harga apakah harga sebanding dengan rasa, harga disini yakni biaya produksi ditambah perlengkapan yang lainnya ditambah laba. Harganya tak kalah bervariasi dengan rasanya pula ada yang termahal dari Rp. 3.000 sampai termurah Rp.950. Sayangnya beberapa orang telah berhenti mencicipi kopi karena terlalu banyak mencicipi kopi sehingga membuat perutnya mual. Banyak yang menyongsongkan harga yang berbeda dengan rasa terlalu mahal jika dibanding kopi yang telah dibuat dan ada pula yang terlalu murah dengan kopi yang dibuatnya. Tahapan ketiga saatnya semua kelompok mensurvey harga apakah harga yang dipasang terlalu  mahal atau terlalu tinggi, jika dinadingkan dengan kopi yang telah dibuatnya. Kebanyakan, banyak yang menurunkan harga dibandingkan dengan menaikkan harga.
Dalam survey ini tidak hanya sekedar mensurvei tetapi semua mahasiswa semester satu yang telah membuat kopi dan mencicipi kopi kelompok lainnya ini diberikan kertas yang berisi apa yang anda inginkan dari kopi ini dan pada tabel keduaa yang berisikan apa rasa kopi ini. Tidak hanya itu semuanya diberikan ballot untuk memilih tiga kopi dalam tiap tahapannya, jika tahap pertama rasa kopi yang paling disukai dan tahap kedua sesuai dengan harga dan rasakah, dan tahap terakhir apakah penurunan atau peningkatan harga tersebut telah sesuai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar