Senin, 12 Desember 2011

Jangan jadi Muslimah Nyebelin (Resensi)


Judul Buku : Jangan Jadi Muslimah Nyebelin
Penulis : Asma Nadia
Penerbit : Lingkar Pena (Publishing House)
Tahun Terbit : 2006 (cetakan keempat)
Tebal Buku : viii + 212 halaman
Harga Buku : -
Buku karangan Asma Nadia Berjudul “Jangan Jadi Muslimah Nyebelin!”  berisi tips-tips dan trik untuk para muslimah agar tidak menjadi muslimah yang nyebelin dalam kehidupan mereka. Buku ini membahas seabrek hal yang mulai yang ringan sampai kelas berat, tentang sesuatu yang sering bikin sebel dan harus dihindari muslimah. Pengarangnya menulis buku ini pertama kali dengan niatan melakukan otokritik terhadap dirinya sendiri, dan mengajak muslimah lain yang barangkali rindu untuk menyempurnakan dirinya, untuk duduk dan berhenti sejenak, lalu berupaya 'mendengar'. Benarkah kita sudah menjadi sosok ideal yang dirindukan kehadirannya? atau yang lebih parah malah mungkin saja kerap membuat hamba Allah yang lain menangis diam-diam karena kata atau sikap kita.
Buku ini adalah persembahan cinta pengarangnya kepada seluruh muslimah. yang dikenal atau pun yang selamanya mungkin hanya bersilaturahim lewat kata-kata . Sesungguhnya hidup adalah proses terus menerus memperbaiki diri.
 Buku karangan Asma Nadia dibubuhi dengan surat-surat mengenai pandangan orang luar terhadap muslimah dari teman- teman mailist-nya yang terangkum dalam sesi “Curhatku ”, ada empat aspek dalam hal ini:
·         Dibahasnya permasalah-permasalah muslimah dalam hal kebersihan diri. BB alias bau badan, bau mulut, dsb.
·         Gak Enak di Mata? Duh Jangan deh!. Bab ini membahas tentang penampilan muslimah, dari atas sampai bawah dikupas habis di buku ini.
·         Muslimah yang ngomongnya Nyelekit. Bab ini membahas tentang semua tingkah laku muslimah terhadap muslimah lain ataupun ke lawan jenis yang membuat sakit hati lawan bicara yang diajak bicara.
·         Your Attitude, Gals!. Bagian ini hampir sama dengan bab muslimah nyelekit, hanya saja bersifat lebih personal ke diri muslimah itu sendiri, seperti sub bab Muslimah Tukang Dandan.

Secara keseluruhan, buku ini memiliki banyak kelebihan. sangat apa adanya,tidak dibuat-buat dan dekat dengan kehidupan sehari- hari. Bahasanya santai, mengundang senyum, tapi juga provokatif. Gaya  bahasanya enak untuk semua usia dan mudah dimengerti oleh semua orang, sehingga tips dan trik yang ada di buku ini dapat dengan mudah diserap. Sampul depan buku yang berwarna orange lengakap dengan gambar contoh - contoh muslimah nyebelin semakin menambah ketertarikan orang untuk membaca. Sedangkan, untuk kelemahannya hanya penulisan kata yang salah dan itu merupakan hal yang sangat lumrah dijumpai.
Amanat dari buku ini adalah supaya pembaca tidak menjadi sesosok muslimah yang tidak disukai oleh kalangannya atau temannya, dan membuat citra baik bahwasannya muslimah itu bersih, rapi, cantik, dan tidak asal bicara. Jadi, buku ini sangat bagus untuk dibaca terutama para muslimah yang tidak ingin salah menempatkan diri ketika bergaul dengan orang lain.

6 komentar:

  1. aku dulu punya novelnya... tapi di mana yaa?

    BalasHapus
  2. wah ukht mantep bener resensinya, suka buat resensi ya,?

    BalasHapus
  3. Saya berada di palembang nach..kira2 klu sy mau beli nich buku dimana ya? ada nomor hp yg bisa saya hubungi? trimakasih sebelumnya...

    BalasHapus
  4. Minta tolong dibalas ke email saya nurhamidah_nst@yahoo.com
    or sms 081263680883 klu bs

    BalasHapus