Minggu, 04 Desember 2011

3 Kondisi SIITS (Versi Semester1)

Assalamuaalaikum teman-teman dan  salam sejahtra..
Hayoo siapa yang tidak kenal ITS?? Institut Teknologi Sesungguhnya..  Eh salah maksudnya Institut Teknologi Sepuluh Nopember.  ITS adalah salah satu idaman perguruan tinggi.
ITS mempunyai 5 fakultas yang menaungi dua puluh lebih jurusan, yang pertama FMIPA yakni Fakultas Teknolgi Matematika dan Ipa, kemudian FTI (Fakultas Teknologi Industri), FTSP (Fakultas Teknologi Sipil Perencanaan), FTK (Fakultas Teknologi Kelautan), dan FTIF (Fakultas Teknologi Informasi). Mungkin kita tidak perlu mengulas satu persatu tapi kita ulas fakultas yang terfavorite saja.  FTIF fakultas yang hanya menanungi 2 jurusan saja, Teknik Informatika (TC) dan Sistem Informasi (SI), Karena semua mengetahui Teknik Informatika, saya akan membahas Sistem Informasi.
Sistem Informasi adalah gabungan antara Informatika dan Bisnis. Kebetulan sekali sekarang saya menimba ilmu  di jurusan Sistem Informasi. 
Saya akan berpendapat tiga kondisi disini,tapi hanya sedikit-sedikit saja. Pertama, Kondisi lokasi SI,  lokasi SI berada di tengah-tengah antara Teknik Industri dan d3 Fakultas Teknik Industri, lokasinya dekat dengan graham,  jadi sering terdengar resepsi acara pernikahan, dan teman-teman saya pasti suka bercanda "ayog kesana, bawa amplop kosong".
Di SIITS atau Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember kurang mendukung gedungnya, mungkin memang SI tergolong jurusan yang masih baru.  Meskipun masih baru SI mempunyai fasilitas yang lengkap, lab, kelas, kantin, musholla, perpustakaan, dan lainnya. Lokasi yang membuat saya tertarik adalah adanya panggung ditengah-tengah lapangannya. Panggung kecil yang mempunyai manfaat lebih bagi mahasiswa disini dan panggung ini tidak dimiliki oleh jurusan lainnya, jadi hanya SI yang memiliki panggung di Jurusannya.
Lanjut ke kondisi kedua yakni kondisi pelajaran, saya hanya berpendapat pelajaran disemester yang pernah ku jalani dan sedang ku jalani, kebetulan saya semester satu.  Semeser satu mempunyai 18sks. Empat SKS untuk Algoritma Pemograman (AlPro), dan Keterampilan Interpersonal (KI), tiga SKS untuk Matematika Diskrit dan Sistem Fungsional Bisnis1(SFB1), dua SKS untuk Agama dan Pengatar Teknologi Informasi dan Komunikaksi (PTIK). untuk AlPro dimana  pelajarannya khusus untuk membuat program, seperti anak informatika bukan?. Keterampilan Interpersonal adalah pelajaran semester satu yang paling diminati, dimana pembelajarannya agar kita mampu memperbaiki interpersonal yang ada didiri kita. untuk tiga SKS Matdis, pelajaran matematika yang hanya herfikir dengan logika, sebenarnya pelajaran ini tidak seberapa susah, tetapi cara berlogika saya yang lemah membuat pelajaran ini susah bagi saya. SFB, Bagaimana cara berbisnis?, dan  membuka usaha mulai nol. Kalau Agama pasti semua mengerti kan? dan terakhir PTIK, hampir sama dengan TIK waktu SMA dan mempelajai tentang awal mula TIK.
Berganti dengan kondisi terakhir, yakni kondisi teman diSI. adaptasi dilingkungan SI tidaklah sulit seperti saya adaptasi pertama waktu SMA, mungkin karena rata-rata anak kos-an yang kemana-kemana bukan lagi orang tua tetapi teman yang membuat mau tidak mau harus menghilangkan rasa JAIM atau jaga image, jika ingin mempunyai teman yang banyak dan karena peraturan yang harus membuat kita saling mengenal kurang dari 5bulan. Berbeda dengan zaman SMA sewaktu menjadi siswa baru, dimana masih mengandalkan orang tua, transformasi antara anak-anak keremaja dimana rasa pilih-pilih teman masih ada.
Yang pasti bagi anda yang belum meraskan nikmatnya kuliah di SIITS tidak akan merasakan tiga kondisi tersebut.  Mari bergabung di SIITS tahun 2012

2 komentar: